Cara Menghapus File Lainnya di Xiaomi, Samsung, dan Segala Jenis HP

Bootloop.id – Cara menghapus file lainnya di android sangatlah penting diketahui. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar kinerja smartphone yang kalian miliki.

Karena seperti yang kita tahu, semakin mendekati memori internal yang penuh maka semakin lemot pula kinerja dari smartphone, atau bahkan sampai mengalami lag.

Selain menyebabkan smartphone jadi lemot, dengan memori internal yang penuh tentu juga akan menyebabkan kalian bingung untuk menyimpan atau mendownload file baru, seperti foto, file tugas, atau bahkan untuk menginstall aplikasi baru.

Oleh karena itu tentu banyak dari kalian yang sudah berusaha mencoba membersihkan foto, video, serta aplikasi di smartphone yang menurut kalian tidak penting.

Bahkan terkadang foto, video, dan aplikasi yang dihapus pun sebenarnya masih terbilang penting. Namun karena memori HP telah penuh tentu harus ada yang dikorbankan dari beberapa file tersebut.

Padahal sebenarnya masih terdapat file lainnya yang bisa kalian Hapus di Smartphone kalian. Dan biasanya isi dari file lainnya ini banyak juga yg bisa dibilang tidak penting meskipun ada juga beberapa yang penting.

Namun karena untuk menghapus file lainnya ini tidak seperti cara yang biasa dan bahkan sampai tingkat tidak bisa dihapus maka beberapa orang lebih memilih untuk membiarkan nya.

Untuk itulah pada kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai file lainnya  serta cara membersihkan/menghapus file lainnya dari smartphone kalian.

Silakan simak ulasan lengkapnya mengenai file lainnya sebagai berikut.

Penjelasan Mengenai File Lainnya di Smartphone

Penjelasan Mengenai File Lainnya di Smartphone

File lainnya merupakan kumpulan berbagai file yang tidak masuk kategori pada umunya di android seperti, foto, dokumen, video, dan apk dan memiliki format yang berbeda sehingga tidak bisa dibaca oleh android.

Itulah mengapa file-file tersebut masuk kategori file lainnya. Kalian bisa cek total size dari file lainnya di android kalian dengan masuk ke pengaturan kemudian ke penyimpanan internal.

Disana kalian bisa cek size dari file dengan format foto, video, aplikasi, dokumen, serta file lainnya yang ada di android kalian.

Ukuran dari file lainnya ini bisa mencapai hingga puluhan GB. Tentu kalian akan heran dari mana kumpulan file tidak jelas sebanyak itu.

Untuk menghapusnya juga memiliki cara yang berbeda. Tidak seperti menghapus foto, video, dokumen, maupun apk. Untuk file-file biasa mungkin kalian bisa menghapusnya dengan masuk ke pengaturan, kemudian ke penyimpanan internal.

Kemudian kalian tinggal pilih file dengan format apa yang ingin kalian hapus. Seperti foto, video, dan yang lainnya.

Namun beda halnya dengan file lainnya, meskipun kalian tap berulang-ulang menu file lainnya kalian tidak akan mendapatkan apapun dan tidak bisa memilih file yang ingin kalian hapus.

Itulah sebabnya untuk menghapus file lainnya memiliki cara tersendiri. Namun kalian tenang saja karena caranya juga terbilang sangat mudah untuk dilakukan.

Isi dari File Lainnya

Isi dari File Lainnya

Kalian pasti heran dan bingung dari mana saja datangnya kumpulan file yang dikategorikan sebagai file lainnya tersebut. Pasalnya ukuran dari file lainnya ini bahkan bisa mencapai hingga puluhan GB.

Lalu apa saja isi dari file lainnya ini?

File lainnya biasanya berisi beragam sampah yang tidak terpakai di HP kalian. Seperti halnya fitur recycle bin yang ada pada PC. Jadi ketika kalian menghapus sebuah file, terkadang file tersebut masih tersimpan di android kalian agar bisa kalian restore.

Terdapat juga berbagai file tidak berguna lainnya seperti file thumbnail. Jika kalian menghapus file dengan format thumbnail tentu tidak akan mempengaruhi file asli yang kalian miliki.

Namun pada file lainnya juga berisi data game maupun aplikasi seperti OBB dan yang sejenisnya. Sehingga file tersebut masih dalam kategori penting.

Oleh karena itu kalian juga tetap harus berhati-hati dalam memilih file lainnya yang ingin kalian hapus.

Jadi ketika ingin menghapus file lainnya, kalian tidak bisa sembarang menghapusnya secara keseluruhan. Untuk itulah kalian harus tahu dengan pasti file apa yang ingin kalian hapus.

Cara Membersihkan/Menghapus File Lainnya Di Xiaomi

Untuk membersihkan file lainnya yang ada di Xiaomi memiliki cara tersendiri. Kalian bisa melakukannya baik dengan aplikasi pihak ketiga maupun dengan fitur bawaan yang ada di HP kalian.

Oleh karena itu kami akan membahas secara tuntas cara membersihkan file lainnya dengan kedua cara yang telah kami sebutkan tadi.

Silakan simak tutorial lengkapnya sebagai berikut.

Menggunakan Fitur Bawaan Xiaomi

Menggunakan Fitur Bawaan Xiaomi

Khusus bagi para pengguna Xiaomi, tanpa kalian sadari terdapat sebuah fitur yang bisa kalian gunakan untuk membersihkan file lainnya di Android kalian.

Dengan fitur ini kalian benar-benar bisa memilih file apa saja yang ingin kalian Hapus baik itu foto, video, maupun berkas besar lainnya.

Berikut ini merupakan langkah-langkah yang harus kalian lakukan:

  1. Buka fitur kemanan/security yang terdapat di android kalian.
  2. Setelah itu kalian pilih menu Deep Clean/Pembersihan Lanjutan.
  3. Kalian akan melihat kumpulan file yang sudah dikelompokkan menjadi foto, video, aplikasi dan yang lainnya.
  4. Kemudian kalian pilih menu berkas besar. (Perlu kalian ingat jangan sampai kalian membersihkan secara keseluruhan dari berkas besar ini. Karena bisa jadi ada file penting disana.)
  5. Setelah itu kalian akan melihat berbagai format file beserta ukurannya serta otomatis sudah diurutkan dari yang terbesar.
  6. Pilih file yang menurut kalian besar dan tidak penting.
  7. Lalu klik Hapus Berkas Terpilih.
  8. Tunggu hingga proses penghapusan file selesai.
  9. Tutup security/kemanan.
  10. Selesai.

Itulah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk menghapus file lainnya dari android kalian, khususnya bagi para pengguna xiaomi.

Cara Membersihkan/Menghapus File Lainnya di Samsung, Oppo, dan Semua Jenis Android

Bagi kalian yang menggunakan Xiaomi, telah mengikuti beberapa langkah sebelumnya kalian masih harus mengikuti langkah berikut ini agar memori internal kalian lebih bersih.

Cara ini juga bisa diterapkan di segala jenis Android pada umumnya, tidak hanya Xiaomi. Sehingga bagi kalian merasa bisa mengikuti cara ini silakan kalian ikuti dengan seksama.

Menggunakan File Manager

Menggunakan File Manager

Untuk menghapus file lainnya yang tidak penting pada android kalian, ternyata tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga melainkan kalian hanya perlu melakukannya melalui File Manager di Android kalian.

Berikut ini merupakan langkah-langkah membersihkan file lainnya melalui file manager:

  1. Buka aplikasi file manager di HP kalian.
  2. Setelah itu kalian akan melihat berbagai folder yang terdapat di hp kalian.
  3. Pergi ke pengaturan file manager.
  4. Kemudian hidupkan menu tampilkan file tersembunyi.
  5. Lalu kembali ke beranda file manager.
  6. Klik ikon pencarian yang berbentuk kaca pembesar di bagian atas.
  7. Lalu ketikkan “thumb” di kolom tersebut dan enter.
  8. Setelah itu akan muncul banyak file thumbnail seperti yang kami sebutkan sebelumnya.
  9. Pilih semua file tersebut.
  10. Kemudian kalian Hapus.

Setelah itu lakukan langkah yang sama beberapa kali, namun kali ini untuk langkah 5 di atas kalian ketikkan kata yang berbeda yaitu : “png”,”apk”, “web”, “gif”, ”cy”, “txt”, dan “xml”.

Namun tetap kalian pastikan bahwa file yang kalian hapus bukan merupakan file yang penting.

Kemudian lakukan restart pada hp kalian agar lebih terasa hasilnya.

Kesimpulan Mengenai Cara Menghapus File Lainnya

File lainnya merupakan kumpulan berbagai file yang tidak masuk kategori pada umunya di android seperti, foto, dokumen, video, dan apk dan memiliki format yang berbeda sehingga tidak bisa dibaca oleh android.

Untuk menghapusnya tidak bisa hanya mengandalkan fitur bawaan, karena pasti masi ada beberapa file yang tidak terbaca.

Oleh karena itu kalian bisa mengikuti langkah-langkah yang telah kami berikan sebelumnya menggunakan filr manager.

Penutup

Sekian pembahasan dari kami mengenai cara membersihkan/menghapus file lainnya di Android. Semoga pembahasan kali ini membantu.

Terima Kasih.